Setelah satu minggu mengikuti Pelatihan Pengelolaan Bumdesa Angkatan ke-20, hari ini Sabtu 04/08, peserta pelatihan mengadakan kunjungan lapangan ke Bumdesa Pancasan Makmur Desa Pancasan Kecamatan Ajibarang.
.
Kunjungan yang diinisiasi oleh salah seorang peserta dari Jatilawang, Sirin ini, disambut oleh pihak Dinsospermasdes Kabupaten Banyumas yang selanjutnya memfasilitasi kunjungan tersebut.
.
Bumdesa Pancasan Makmur adalah salah satu dari 2 Bumdesa dengan kategori berkembang, sementara ada 25 kategori tumbuh dan 158 kategori dasar dari total 185 Bumdesa dalam wilayah Kabupaten Banyumas.
.
Dijelaskan oleh Amin Nurokhman selaku sekretaris desa, bahwa Bumdesa Pancasan Makmur ini salah satu unit usaha unggulannya adalah pengelolaan kolam renang.
.
"Kolam renang ini tadinya dikelola oleh Pemdes, namun setelah adanya Bumdesa maka dialihkan pengelolaannya ke Bumdes. Karena seyogyanya sebuah usaha yang mengelola ya badan usaha, dalam hal ini Bumdesa," katanya.
.
Selain kolam renang, unit usaha lain adalah pengelolaan sampah yang meliputi pembuangan, pengolahan dan Bank Sampah.
.

" Pembuangan sampah artinya tugas dari Bumdesa adalah mengambil sampah dari masyarakat kemudian mengangkut untuk dibuang ke TPA yang ada di Tipar, kami menarik retribusi ke warga 10.000 per bulan," ungkapnya.

"Sementara untuk pengolahan sampah adalah mengolah sampah menjadi pupuk organik, lalu sampah yang punya nilai jual akan masuk ke bank sampah," lanjutnya.
.
Tak hanya itu, Bumdesa Pancasan Makmur juga menjadi suplier untuk proyek pembangunan desa melalui kerja sama dengan Pemdes dan juga pengadaan ATK bagi keperluan kantor desa.
.
Dari pengelolaan kolam renang sendiri, Bumdesa Pancasan dalam satu tahun bisa meraup omset hingga 600 juta rupiah, sementara untuk honor pengurus sudah standar UMK Kabupaten Banyumas.(wizteguh nugroos)
#bumdesa
5 0 Comments 0 Shares
Please log in to like, share and comment!
Welcome New Trailblazer Team