Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan pendaftaran online untuk peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) dibuka paling cepat pada 26 September 2018.

Untuk lokasi tes CPNS 2018, direncanakan akan digelar di 176 titik lokasi, yang terdiri dari Kantor BKN Pusat, 14 Kantor Regional BKN dan 14 Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Pendaftaran bakal dibuka secara daring lewat situs Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) https://sscn.bkn.go.id/.  Situs tersebut, hanya akan menampilkan formasi CPNS dan syarat-syarat buat pelamar. Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menjelaskan, pada prinsipnya setiap Warga Negara Indonesia (WNI) mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi PNS. Asal memenuhi 9 syarat dasar. 

Syarat Dasar 

1. Memiliki usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun saat melamat, kecuali jabatan tertentu yang dikecualikan 

2. Tidak pernah dipidana penjara selama 2 tahun atau lebih

3. Tidak pernah diberhentikan dengan sebagai PNS, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta

4.Bukan calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Polri

5. Bukan anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis

6. Memenuhi kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan 

7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan formasi yang dilamar

8. Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh pemerintah

9. Sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) 

Cara mendaftar 

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana selaku Ketua Pelaksana Seleksi Nasional CPNS menyatakan, sistem pendaftaran dan seleksi CPNS 2018 akan dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional SSCN. Tak ada pendaftaran lewat situs lain.

“Proses seleksi akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT BKN) baik untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB),” kata Bima seperti dinukil dari situs KemenkominfoSenin (17/9/2018).

Jika anda sudah memenuhi syarat, maka perlu membuat akun di situs SSCN. Dokumen yang perlu disiapkan adalah Kartu Keluarga, KTP, ijasah, transkrip nilai, pas foto, dan dokumen lain sesuai instansi.

Langkah pertama adalah membuat akun di situs SSCN. Isi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK Kepala Keluarga. Selanjutnya login ke SSCN dengan menggunakan NIK dan kata sandi yang telah dibuat.

Kemudian unggah swafoto anda dengan memperlihatkan KTP. Setelah itu itu isi biodata, pilih satu instansi, satu formasi, dan satu jabatan yang anda incar.

Lalu simpan data yang anda isikan dan periksa dengan cermat. Jika sudah yakin, klik 'kirim'. Selanjutnya, pelamar bisa mencetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018 sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran melalui SSCN 2018.

 

Selamat berjuang untuk mendaftar sebagai CPNS