Siapa di sini yang senang banget nyeruput kopi. entah itu kopi hitam, kopi susu atau kopi dengan varian rasa lain. sekarang ini banyak banget varian kopi yang sudah diciptakan para produsen kopi. salah satunya white coffee, kopi ini cukup booming di awal-awal kemunculanya sampai beberapa produsen kopi mengikuti trend white coffee yang ternyata memang cukup di gemari masyarakat. 

white coffee sendiri kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia memiliki arti " kopi putih". kalian tau ga sih kalau white coffee ini bukan dari kopi putih? tapi banyak loh yang mengangap kalau white coffee berasal dari biji kopi putih. lalu? kalau bukan dari kopi putih, dari mana sih sebenernya white coffee ini?

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa semua kopi yang kita nikmati berasal dari biji kopi yang di sangrai. Ternyata hal ini juga berlaku untuk kopi jenis white coffee ini. Jenis biji kopi yang digunakan sebagai bahan dasar white coffee pun ternyata juga sama dengan yang digunakan pada kopi hitam, yaitu biasanya dari jenis biji kopi robusta atau arabica. Bedanya, jika pada kopi hitam biji kopi tersebut disangrai/dipanggang dalam waktu yang lama hingga biji kopi berubah warna menjadi gelap, pada white coffie waktu yang digunakan untuk memanggang lebih singkat. Akibatnya, warna yang di hasilkan pun tentu akan lebih terang jika dibandingkan dengan pemanggangan untuk kopi hitam. Sehingga bubuk kopi yang di hasilkan setelah proses blending pun akan telihat lebih "putih". Dan inilah alasan kenapa produk kopi yang di hasilkan tersebut disebut dengan sebutan white coffee.  

Negara tetangga Malaysia, white coffee mengacu pada biji kopi yang dipanggang menggunakan margarin dari minyak kelapa sawit. kopi biji yang dihasilkan memiliki warna yang lebih cerah, terlebih saat penyajian menambahkan dengan susu kental manis. Beberapa negara yang berbahasa Inggris istilah white coffee mengacu pada kopi hitam yang diberikan tambahan susu atau krim, white coffee disebut juga dengan sebutan light coffee atau coffee with milk