Apa sih tujuan utama kamu menggunakan sosial media? Mencari teman baru atau mencari gebetan baru? Ya memang salah satu tujuan sosial media adalah untuk mencari teman baru, ketika kita memiliki banyak pertemanan di sosial media kita juga akan mendapat informasi-informasi baru yang di bagi oleh teman-teman kita. Hal ini bisa merusak hubungan pertemanan kita loh. kok bisa? Contoh gampangnya ketika kita dan teman kita berbeda sudut pandang dengan permasalahan yang terjadi akhirnya kita saling berargumen dan tak mau ada yang mengalah akhirnya merusak hubungan pertemanan kita

Social Media

Hal ini tidak boleh terjadi sama kalian loh guys. Untuk menhindari kemungkinan di atas terjadi sama kalian, simak nih tips gimana cara bijak menggunakan sosial media.

1. Saring Informasi yang Beredar 

Saring information

Biasanya kita menggunakan sosial media selalu membaca setiap postingan atau status teman kita,  mulai sekarang kita harus memulai untuk menyaring dan memilih informasi mana yang baik untuk kita terima. Setelah menerima informasi yang telah kita pilih ada baiknya kita mencari kebenaran informasi yang beredar. Tak banyak informasi-informasi tersebut merupakan hoax atau sudah di posting beberapa tahun sebelumnya.

2. Berfikir sebelum bertindak 

Berfikir

Ketika kamu menemukan informasi yang tidak benar atau sesuatu hal yang berbeda sudut pandang denganmu, cobalah untuk berfikir sejenak untuk memutuskan apakah kamu akan memberikan komentar atau tidak, Jika akhirnya kamu memutuskan untuk memberi komentar, coba hindari kata-kata yang telalu memojokan atau menyalahkan, gunakan kata-kata yang baik dan lembut.  ketika emosimu sedang tidak stabil lebih baik tinggalkan handphonemu dan lakukan sesuatu yang membuat emosimu membaik lagi.

3. Hindari Akun yang Negatif

hindari

Jika timeline sosial mediamu banyak konten atau muatan yang negatif ada baiknya kamu memblokir atau me-report akun tersebut. Hal itu merupakan hal yang bijak untuk menjaga sosial media dari akun akun yang menyebarkan  ujaran kebencian atau kalimat yang sarat dengan tindakan provokasi. Sebagai pengguna media sosial tindakan itu merupakan hal yang lebih baik dibanding ikut berkomentar membuang tenaga dan pikiranmu sia-sia

4. Berinteraksi di Dunia Nyata 

Kebiasan untuk mengakses media sosial di mana saja membuatmu lupa dari dunia nyata, kamu tidak bakal tahu kalau ada lawan jenismu yang diam diam memperhatikanmu, sayang banget kesempatan itu terbuang gitu aja

Cobalah untuk berinteraksi di dunia nyata. Kamu bakal lebih dapat teman yang menyenangkan untuk di ajak hangout atau berdiskusi berbagai macam hal denganmu. Atau ketika kamu sedang menunggu sesorang di sebuah café, dari pada kamu sibuk dengan gadgetmu coba deh nikmatin dan amati kegiatan orang-orang disekitarmu, siapa tau kamu menemukan lawan jenismu yang diam diam memperhatikan kamu.