Hai hai hai. sebenernya ini tulisan gue yang ada di blog sekitar 4 tahun yang lalu, cuman dipindahin kesini aja karna di blog colom commentnya sepertinya full banyak yang complain ga bisa comment.

Oh iya kali ini gue mau bahas prodi gue nih. Iya betul Pendidikan Tata Boga!!! dubidam bidam bidam *ceritanya ada musiknya gitu*

          Sekarang kan anak anak kelas 12 lagi sibuk cari prodi buat snmptn yakan, kali aja postingan gue ini bisa bermanfaat bagi yg lagi labil labil gitu dehh. oke cekidot men

          Pertama mungkin gue bakal bahas gimana lingkungan di sekitar prodi gue nih ya. prodi gue itu ada di jurusan IKK fakultas TEKNIK Universitas Negeri Jakarta, ya biasa di singkat IKIP *loh* wkwkw. jadi yang ada di jurusan gue bisa dikatakan para ibu ibu rumah tangga idaman dan para para suami idaman lah pokoknya, kenapa ngga? di jurusan gue ada prodi tata boga, tata rias, tata busana, sama pkk, ya pikir aja sendiri, tp kalau cowo cowonya yg selain di boga emang rada rada gini ngertikan maksud gue? yaaa you know what i mean lah. Dan bisa di katakan di jurusan  gue itu perbandingan cowo sama cewenya 1 :10 lah,ya bisa di bayangin kan kalau di jurusan gue isinya wanita wanita cantik semua, pokoknya bagi elu (cowo) yg mau cari pacar, silakan main di jurusan gue aja deh, tinggal pilih lah pokoknya. eh tp ada juga loh cewe yang imitasi, jadi hati hati aja. Dan prodi gue juga masuk ke fakultas teknik, jujur gue juga ngga ngerti kenapa bisa masuk ke fakultas teknik mungkin karna kita banyak praktek kali yak, di fakultas teknik sendiri ada 4 jurusan yaitu  Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil dan tentunya IKK, oh iya arti dari IKK iitu sendiri adalah Ilmu Kesejahteraan Keluarga. keren kan? udah bilang aja keren

 Nah ini baru sebagian dari Boga 2013 tp yg di paling kiri foto ini yg pake baju item dia bukan angkatan kita yak -_-

 

 

 

      Nah kemudian untuk gedung sendiri itu kita nempatin gedung H di kampus A rawamangun, kalau dari pintu masuk yg BNI itu aga jauh sih jalananya tp kalau masuk dari yg labschool mah deket jalanya. gedungnya itu tingkat 4 dengan cat dasar putih. pokoknya kalau masuk ke gedung H aromanya tuh khas banget deh pokoknya. kalau masuk ke lantai  kadang ke cium bau larutan gitu soalnya di situ ada lab anak mipa, gue juga ngga ngerti kenapa labnya bisa di situ padahal fakultas mipa ada di kampus B -_-, terus naik sedikit ke lantai 2 bakal sering ke cium aroma masakan yang kadang baunya enak dan kadang baunya ngga enak, mungkin karna berbagai macam aroma masakan menjadi satu jadi baunya rada ngga enak gitu. di lantai 2 juga ada 2 lab yang satu lab pengolahan dan satu lagi lab pastry bakery. kalau kalian naik ke lantai 3 itu bakal ke cium wangi wangi khas dari cosmetic yang di pake anak rias buat praktek sepengalaman gue ga pernah ada bau cosmetik yang enak di cium baunya bikin iyuuh banget deh pokoknya, nah di lantai 4 itu menurut gue netral ya ga bau khas apa apa, oh iya di lantai 3 juga kadang ada bau bunga gitu soalnya ada matkul yang ngerangkai bunga gitu. 

      Nah kita fokus ke boga sekarang. boga di unj itu ke bagi lagi jadi dua, ada yang Pendidikan Tata Boga dan D3 Tata Boga, gue bakal fokus ke pendidikan Tata Boga, karna itu prodi gue, sesuai dengan kata depanya "Pendidikan" gelar yang bakal gue dapet itu Spd, yap jadi guru smk, tp tenang ga semua lulusan pend tata boga bakal jadi guru ko, nah di sini juga di harapkan lulusanya itu bisa bekerja jadi chef pastinya sesuai cita cita gue, amin bakal kesampaian amin, kemudian bisa jadi penulis majalah kuliner, terus bisa jadi wirausaha di bidang boga, bisa jadi penasihat kuliner, dan lain lain lah pokoknya oh iya bisa jadi ahi gizi juga loh, soalnya di sini gue belajar tentang gizi juga, keren kan? iyalaaaahh 

      Kemudian apa sih yang di palajarin di Pendidikan Tata Boga. Yap sesuai backgroundya pendidikan kita juga belajar tentang ilmu pendidikan dan keguruan gitu lah, contohnya itu di semester dua ini gue lagi belajar ilmu pengantar pendidikan, semester 1 gue belajar psikologi perkembangan, pokoknya yang umum umum gitu lah. dan untuk khusus di boga itu gue belajar kaya ilmu bahan makanan, gizi dasar, pengenalan alat pengolahan dan hidangan, pengolahan makanan nusantara trs juga nanti bakal belajar tentang makanan continental, dasar roti pokoknya banyak deh. oh iya jgn salah ya di sini jga gue belajar kaya matematika, bahasa inggris, bahasa indonesia, pancasila, fisika, kimia dan nanti juga belajar anatomi. keren kan? ya keren lah wkwkw. dan kita juga praktek ko jadi ngga cuma teori aja. 

      Gimana rasanya belajar di prodi ini? menurut gue belajar di boga seru, karna tuh belajar di boga tuh ga bakal ketinggalan jaman lah, kalau kata ketua prodi gue mah selama manusia masih butuh makanan orang boga ga akan pernah kesusahan. terus tuh elu bakal dapet pengalaman yang beda lah dari temen temen lu yang lain. pokoknya TOP untuk elu yg suka cari pengalaman yang beda dari yang lain. tp aga miris sih emang kalau denger omongan orang yg ngga ngerti sama sekali sama dunia boga. orang tuh bakal mandang kita kaya" ih apaan sih kuliah di tata boga, pembantu gue ga usah kuliah juga bisa masak'' ya pokoknya semacem itu lah, percaya sama gue masak yang sebenar benarnya masak tuh ngga gampang, ngga segampang ngebalikin badan lu kalau ada orang yang manggil elu. dan untuk gaji di dunia kerja pun orang boga dapet tempat yang menjanjikan. gue baca di kaskus gaji minimal seorang koki di cafe aja sebulan itu 3 juta. ya emang ngga seberapa tp kalau kata saudara gue yg kerja di kapal, katanya orang yg kerja di bagian dapur tuh biasanya gede di tips mereka, sebulan itu bisa sampe 2 juta tp sesuai sama mereka yg dateng juga sih. dan itu baru di di cafe mungkin kalau di restoran berbintang bisa sampe 5 juta lebih perbulan .dan target gue itu gue mau kerja di kapal pesiar untuk beberapa tahun kerja di sana. dan untuk gajinya itu sekitar $1500 iya dollar, iya dollar men dollar. jadi buat kalian jangan ngerendahin anak boga deh,mungkin sekarang bisa di katakan kami tuh ngga keren ngga kece tiap hari kerjaanya ke pasar sama ke dapur mulu, tp liat nanti ya kalian pasti butuh kami :cool *masang kaca mata hitam.

Udah ah, pokoknya prodi boga bisa jadi pertimbangan lah buat kalian yang mungkin masih labil labil gitu. oh iya untuk info aja se tau gue untuk boga itu ngga cuma ada di unj, untuk swasta juga ada di universitas syahid, untuk mau yg lebih bagus lagi bisa ke STP Bandung. udah sekian lah dari gue *salam satu panci*

Ini ada beberapa Foto Foto kegiatan gue yg menunjukan kalau anak boga tuh keren

 

Tuh keren kan gue

 

Keren kan kita? ya keren laah!!!

Ini beberapa hasil praktek di semester 1, untuk semester 2 gue belom praktek masuk ke dapur jadi belom ada hasil yg bisa di abadikan

 

Pecaya sama gue ngelakuin praktek foto yg di atas itu ga mudah, kita mesti sesuai sama ukuran, ada yang ukuranya 1x1x1 cm dan bisa kalian liat itu bahkan ada ukuranya yang mm loh

 

 

 

 

 

 

 

 

cantik cantikan? kaya gue 

 

 

 

Syudaaahhh!! sekian dan terima kasih semoga bermanfaat

INI PRODI KU, MANA PRODI MU?

BTW gue sering banget dapet email atau pesan di DM instagram buat nanya nanya tentang prodi tata boga. tp itu bakal slow respon banget. temen temen tinggal add aja akun rixer gue, nanti kita diskusi lewat chat nya.....