PROPOSAL

PENGAJUAN DANA

 

 

PENGEMBANGAN WISATA

GOA NGESONG

 

 

 

Desa Pulosari Kecamatan Bareng

Kabupaten Jombang

2018

 

 

PROPOSAL PENGAJUAN DANA

PENGEMBANGAN DESA WISATA GOA NGESONG

DESA PULOSARI

 

  1. PENDAHULUAN

Kemajuan teknologi sangat mempengaruhi tren yang berkembang di masyarakat. Seperti halnya media sosial yang memberikan dampak dalam memperluas hubungan sosial di dunia maya. Sebuah penelitian membuktikan bahwa adanya media sosial  ternyata meningkatkan jumlan kegiatan pariwisata. Hal ini dikarenakan wisatawan turut melakukan kegiatan promosi secara tidak sengaja dengan memposting foto kegiatan wisatanya di akun media sosial. Keuntungan lain adalah ketika foto tersebut mendapat banyak like maka ketenaran tempat wisata tersebut semakin luas dan terbukti meningkatkan jumlah pengunjung.

Kondisi global yang demikian dimanfaatkan pula oleh masyarakat Desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Lembaga kemasyarakatan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) melakukan pemetaan potensi desa. Hasilnya adalah ditemukannya sebuah Goa. Keunikan goa tersebut yaitu kondisi goa berada di aliran sungai Sumber Bengawan (Sumber Watumayung), di bawah Gunung Anjasmoro ini menembus bukit, yakni bibir goa menghadap ke barat dan timur. Sehingga  dinamakan Ngesong, bahasa Jawa yang artinya tembus. Sayangnya, goa yang menghadap ke barat ditutup batu besar.

Goa Ngesong berada di bukit antara Dusun Pulosari dan Sumbermulyo, Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Dari keunikan yang dimilikinya, Pokdarwis menilai Goa Ngesong memiliki potensi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Potensi ini dikembangkan secara nyata oleh Pokdarwis sebagai Wisata Goa Ngesong. Wisata ini dibangun atas swadaya masyarakat. Namun kendala yang dihadapi oleh masyarakat adalah kurangnya dana sehingga dalam pembangunannya belum berhasil secara optimal. Dampaknya adalah belum banyak masyarakat yang mengunjungi Wisata Goa Ngesong.

Untuk menarik massa, sebuah obyek wisata harus mengikuti tren yang berkembang di masyarakat. Saat ini tren yang berkembang adalah tren Instagramable (istilah untuk menyatakan bahwa sesuatu dinilai layak untuk diposting di Sosial Media). Selain itu sarana atau fasilitas sebuah obyek wisata tentunya juga menjadi pertimbangan wisatawan. Oleh sebab itu perlu pembangunan berlanjut agar Wisata Goa Ngesong ini menjadi wisata yang populer di masyarakat.

  1. ANALISIS KEADAAN

Berdasarkan latar belakang tersebut, dengan adanya Goa Ngesong, Desa Pulosari memiliki potensi wisata. Namun dalam pembangunannya dinilai belum cukup mampu memenuhi syarat obyek wisata yaitu penarikan massa. Sehingga perlu pembangunan lebih lanjut sebagai upaya mewujudkan Wisata Goa Ngesong.

  1. TUJUAN

Tujuan dari pembangunan Wisata Goa Ngesong adalah :

  • Memanfaatkan potensi alam sehingga keberadaannya tidak bernilai sia-sia.
  • Meningkatkan pendapatan masyarakat yang berasal dari pemasukan Wisata Desa Ngesong.
  • Membantu Pemerintah dalam mewujudkan Desa Mandiri dari segi finansial.
  1. KONSEP WISATA

Goa Ngesong memiliki dua nilai positif yaitu nilai sejarah dan nilai alam. Dari segi sejarah, Goa Ngesong tersebut merupakan sarang kirik (anjing) kikik, yakni hewan pemangsa manusia, dan digunakan hal-hal mistis. Agar anjing tersebut tidak keluar, sekitar kedalaman 4 meter dari bibir goa yang menghadap ke barat tersebut ditutup dengan sebongkah batu besar oleh seorang yang sakti mandraguna. Hingga kini, batu tersebut masih tampak menonjol diantara dinding goa. Sementara pintu Goa Ngesong, diyakini berada di bagian barat atau menghadap ke timur. Posisi ini berlawanan dengan pintu Candi Arimbi yang menghadap ke barat. Menurut Sekretaris Desa Pulosari, Pak Widji, posisi ini melambangkan bentuk syukur orang-orang terdahulu. Secara geologi, kemungkinan besar goa ini ada kaitannya dengan Candi Arimbi.

Dari segi keadaan alam, Goa Ngesong memiliki nilai keindahan yang saling mendukung dengan keadaan sekitarnya. Untuk mencapai goa yang tertutup oleh batu besar dari pintu Goa Ngesong, hanya bisa ditempuh memutar menyusuri bibir sungai dengan berjalan kaki. Letih menyusuri bibir sungai, seakan hilang oleh keelokan hamparan sawah terasering. Ditambah, dengan eloknya Grojokan Parangondo. Gemericik airnya membawa pesona asri dan nyaman, khas pegunungan. Disamping itu, hamparan hutan jati memanjakan mata siapa saja yang menyusurinya. Jaraknya diperkirakan sejauh 300 meter dari pintu Goa.

Berdasarkan dua kelebihan tersebut, muncul sebuah konsep Wisata Goa Ngesong. Konsep tersebut terdiri dari perpaduan wisata alam dan hiburan. Wisata alam didapatkan dari keberadaan Goa Ngesong, pemandangan selama perjalanan serta keberadaan sungai di dekat Goa. Sedangkan hiburan didapatkan dengan membangun kolam renang anak dan area selfi. Area selfi ini bertema alam dan kerajaan yang mencitrakan sejarah Goa Ngesong, Candi Arimbi dan Desa Pulosari. Untuk mewujudkan konsep itu diperlukan pembangunan yang optimal termasuk pembangunan fasilitas penunjang seperti akses jalan, musholla, toilet, pendopo dan bangunan lain yang menunjang.

  1. Anggaran Biaya

Biaya yang diperlukan dalam pelaksanaan program Pembangunan Wisata Goa Ngesong Desa Pulosari Kabupaten Jombang ini setelah melalui perincian menghabiskan dana sebesar Rp. 300.000.000,- Pengeluaran tersebut dibagi atas biaya pembangunan  kolam renang anak, musholla, toilet, pendopo dan area selfi.

 

 

 

 

 

Rincian rencna pengunaan anggaran pengembangan GOA NGESONG

            Kolam Renang         Rp 100.000.000,-

            Musholla                    Rp  50.000.000,-

            Toilet                          Rp  50.000.000,-

            Pendopo                    Rp  50.000.000,-

            Area Selfi                   Rp 50.000.000,-

 

  1. Output

Adapun output dari pembangunan ini adalah:

  • Terbangunnya Wisata Goa Ngesong yang bernilai estetika tinggi dan layak sebagai obyek wisata.
  • Menjadikan Wisata Goa Ngesong sebagai motivasi masyarakat untuk terus menggali potensi desa yang dimiliki.
  1. Manfaat

Pembangunan Wisata Goa Ngesong dapat memberikan manfaat bagi :

  • Masyarakat

Masyarakat sebagai target sasaran selaku pelaksana program mampu  mengelola Wisata Goa Ngesong secara keberlanjutan sehingga dapat melestarikan alam dan merawat sejarah Desa Pulosari dan berpotensi meningkatkan penghasilan masyarakat Desa Pulosari.

  • Investor

Sebagai sarana melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia.

  • Pemerintah

Sebagai pihak yang dapat melakukan kajian dalam memperbaiki keadaan lingkungan secara langsung di Desa Pulosari yang masih kurang mendapat perhatian, serta dapat menjadi langkah awal untuk membangun Desa Pulosari menjadi Desa Mandiri.

 

 

  1. PENUTUP

Demikian proposal Wisata Goa Ngesong ini diajukan. Kelancaran dan keberhasilan rangkaian pembangunan ini akan sangat bergantung pada dukungan dan bantuan semua pihak yang terkait. Kerjasama yang dilakukan dapat berupa bantuan materiil dalam bentuk dana, atau dalam bentuk barang yang disumbangkan. Besar harapan, pembangunan ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala dan memberikan dampak positif, baik secara pribadi, maupun di lingkungan sekitar.

 

 

Nomor    :  04/POKDARWIS/VII/2018

Lamp      :  1 Bandel

Perihal    Permohonan Pendanaan                

                                                                                    Kepada Yth.

                                                                                    IBU. Yunisa Winata

                                                                                    Di, -                                                                                                                                         Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan Hormat,

Puji dan syukur kita haturkan kehadirat Allah SWT. karena berkat limpahan rahmat, nikmat dan karunia-Nya sehingga proposal ini bisa terselesaikan dengan baik. Proposal yang kami susun ini merupakan usaha untuk Pengembangan Desa Wisata Goa Ngesong Desa Pulosari, sebagai salah satu potensi desa yang layak untuk dikembangkan, sehingga diharapkan mampu mensejahterakan masyarakat.

Dengan telah tersusunnya proposal ini, besar harapan kami kiranya Bapak/Ibu dapat membantu dalam hal pendanaan untuk pengembangan  desa Wisata Goa Ngesong. Sebagai bahan kajian, bersama ini kami sertakan site plan beserta rincian anggarannya.

Demikian proposal ini kami susun dan ajukan untuk dapat diperhatikan, atas bantuan dan kerjasama kami sampaikan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

                                                                                                                                                        

Mengetahui,

Kepala Desa Pulosari

 

 

ROKIM

 

Pulosari,  19 Juli 2018

Ketua Pokdarwis

 

 

SUGENG MULYO, U, S.Ip.

Mengetahui,

Camat Bareng

 

 

 

AMINATUR ROKHIYAH, S.E., M.KP.

Pembina

NIP. 19670717 199202 2 003